Ahlan Wa Sahlan... Semoga senantiasa memperoleh rahmat dari-NYA...

Tuesday, June 12, 2012

Tutorial: Cara Mengatur Format & Sistematika Dokumen dengan Mudah

Susah buat daftar isi?
Susah buat daftar gambar?
Susah buat daftar tabel?
Susah buat daftar pustaka?
Susah buat daftar indeks?


INI SOLUSINYA!!!


Pada umumnya permasalahan dalam penulisan naskah karya ilmiah terjadi karena kita tidak mampu mengoptimalkan fitur program aplikasi pengolah kata yang kita gunakan, salah satunya adalah program aplikasi Microsoft Word 2007. Hampir seluruh isi penulisan naskah dilakukan secara manual, seperti pada penomoran bab, gambar, tabel serta persamaan matematika, pembuatan daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, daftar pustaka dan indeks. Jelas hal ini akan menambah pekerjaan dan menyita waktu kita jika terjadi pengeditan.

Jika Anda bisa mengoptimalkan kerja program yang Anda gunakan tersebut, ternyata mengatur format & sistematika dokumen itu sangat mudah loh... mulai dari penomoran halaman,  membuat daftar isi, daftar gambar, daftar pustaka hingga indeks bisa kita atur secara otomatis sehingga tidak memusingkan kepala saat Anda mengedit tulisan Anda. 

Berikut ini akan aku share video tutorial cara Mengatur Format & Sistematika Dokumen dengan mudah menggunakan Microsoft Word 2007. 

Langsung cuss aja yaaaak. Check it out!!

  • Cara Mengatur Style pada MS Word 2007 untuk menjaga format yang konsisten pada dokumen


  • Cara Membuat Daftar Isi Otomatis


  • Cara Penomoran Halaman


  • Cara Membuat Daftar Gambar


  • Cara Membuat Daftar Pustaka


  • Cara Membuat Indeks



Video ini spesial loh, aku dapatnya dari profesorku, oleh-oleh dari workshop penulisan buku ajar. hehehe.... #GakPentingBanget


Demikian...

Semoga Bermanfaat...


No comments:

Post a Comment