Ahlan Wa Sahlan... Semoga senantiasa memperoleh rahmat dari-NYA...

Wednesday, January 4, 2012

Mengenal Kimia “Chemistry” Lebih Dalam Lagi



Jika Anda yang baru mengenal KIMIA, mungkin ilmu ini terkesan sangat menyeramkan. Mungkin yang terlintas dibenak Anda adalah seabrek rumus-rumus kimia yang membuat kepala berputar lebih cepat (pusing, red) maupun bahan-bahan berbahaya, seperti BOM, Pengawet dan Pewarna buatan.

Kimia bukanlah sesuatu yang hanya dikerjakan di laboratorium. Pada dasarnya, setiap orang dapat memahami kimia dan mengerjakan kimia. Pernahkah Anda berfikir bahwa Anda hidup di antara bahan-bahan kimia dan proses kimia??? Mulai dari unsur pembentuk tubuh dan berbagai aktifitas manusia tidak terlepas dari proses kimia. Bernapas, makan, memasak, merupakan bagian dari proses kimia. Udara yang kita hirup (oksigen), Nasi yang kita makan (karbohidrat), Baju, kertas, sabun yang kita pakai, semuanya merupakan bahan kimia.



Jadi, Apa sih sebenarnya KIMIA itu……..???



Kimia (dari bahasa Arab كيمياء "seni transformasi" dan bahasa Yunani χημεία khemeia "alkimia") adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksinya untuk membentuk materi baru yang ditemukan sehari-hari. Perubahn materi menjadi materi lain inilah yang disebut dengan perubahan kimia atau reaksi kimia.



Sering kali kimia disebut sebagai "center of science" karena menghubungkan berbagai ilmu lain, seperti fisika, nanoteknologi, biologi, farmasi, kedokteran, forensik, polimer dan sebagainya.


Cabang-cabang Kimia


Ilmu Kimia memiliki banyak cabang dan sub cabang bahkan antara cabang yang satu dengan yang lain kadang kala saling overlap, mempelajari satu cabang sangat terkait dengan cabang ilmu yang lain. Adapun cabang ilmu kimia diantaranya:

  • Kimia Analisa, yaitu cabang ilmu kimia yang mempelajari teknik analisa materi untuk menentukan komposisi dan struktur dari materi. Kimia analisa juga mempelajari cara analisa standart dan metode penelitian standart yang nantinya akan dipakai oleh cabang ilmu kimia yang lain.
  • Kimia Anorganik, mempelajari senyawa anorganik, seperti garam beserta sifat dan reaksi senyawa-senyawa tersebut. Sub cabang kimia anorganik: Kimia katalis, kimia kompleks, kimia organologam, mineralogi dan sebagainya.
  • Kimia Organik, mempelajari karbon dan senyawa-senyawanya serta sifat, struktur, mekanisme, dan reaksi senyawa organik. Sub cabang kimia organik: Kimia bahan alam, geokimia organik, dan sintesis organik
  • Biokimia adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari zat-zat kimia, reaksi kimia, dan interaksi zat-zat yang terdapat di dalam makhluk hidup.
  • Kimia Fisika adalah cabang ilmu kimia yag mempelajari sifat fisika dan sifat dasar materi dari suatu sistem kimia atau proses kimia. Fokus kimia fisika umumnya berkisar energi dan sifat termodiamik suatu sistem. Sub cabang kimia fisik: kinetika kimia, elektrokimia, spektroskopi, dan termokimia.



Apa saja yang dilakukan oleh Ahli kimia sepanjang hari…??



Kegiatan ahli kimia (alchemist) dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok.
1. ahli kimia (alchemist) menganalisis zat
2. ahli kimia (alchemist) mensintesis zat baru
3. ahli kimia (alchemist) membuat model dan menguji kekuatan prediksi suatu teori
4. ahli kimia (alchemist) mengukur sifat fisika suatu zat




Perbedaan Kimia Murni dengan Teknik Kimia


Untuk membandingkan kedua bidang tersebut, dapat ditinjau dari beberapa aspek:

Berdasarkan ilmu yang dipelajari

Sebagaimana yang disebutkan di atas, ilmu kimia (chemistry) adalah ilmu yang menyelidiki sifat dan struktur zat, serta interaksi antara materi-materi penyusun zat. Sedangkan teknik kimia (chemical engineering) adalah ilmu yang mempelajari rekayasa untuk menghasilkan sesuatu (produk) yang bisa digunakan untuk keperluan manusia, berlandaskan pengetahuan ilmu kimia.

Berdasarkan sifat keilmuan

Salah satu kegiatan dalam ilmu kimia adalah eksplorasi, yaitu mencari zat atau reaksi baru. Sementara itu, teknik kimia tidak berupaya mengembangkan zat, struktur, atau reaksi baru, tetapi ia mengaplikasikan dan mengembangkan yang sudah ada.

Berdasarkan Orientasi dan target skala

Seorang ahli kimia (alchemist) beroriantasi ilmu pengetahuan, mereka bebas melakukan penelitian apa saja sesuka hati untuk memenuhi keingintahuannya dan menghasilkan hal baru dengan skala labolaratorium, tapi ahli teknik kimia (chemical engineer) berorientasi industri, mereka bekerja untuk perusahaan dan melakukan penelitian yang diarahkan langsung untuk tujuan jangka pendek yang sangat spesifik oleh perusahaan untuk memperbaiki produk yang tentu saja bekerja dengan skala besar.


Pekerjaan apa saja yang cocok untuk para ahli kimia…???


Sebagian orang mengira bahwa ahli kimia hanya bekerja di laboratorium, padahal ga cuma itu. Para ahli kimia juga bisa bekerja di berbagai tempat loh,,, di antaranya adalah:
  • Pengendali mutu. Ahli kimia menganalisis bahan mentah, bahan setengah jadi dan bahan jadi untuk memastikan bahan tersebut sudah memenuhi spesifikasi tertentu. Kebanyakan Ahli kimia juga memecahkan masalah yang terjadi dalam proses produksi.
  • Peneliti bidang industri. Ahli kimia dengan profesi ini melakukan pengujian fisika maupun kimia bahan, mengembangkan produk baru dan memperbaiki produk yang telah ada.
  • Ahli kimia Forensik. Ahli kimia ini menganalisa sampel yang diambil dari TKP, membentikan adanya narkoba atau bisa dihadirkan di pengadilan sebagai saksi ahli.
  • Ahli kimia Lingkungan. Ahli kimia ini bekerja di perusahaan pemurnian air, Organisasi perlindungan lingkungan, dan sejenisnya.
  • Pengawet karya seni dan benda bersejarah. Ahli kimia ini bekerja untuk mengawetkan karya seni bersejarah dan bekerja untuk mengetahui adanya pemalsuan karya seni.
  • Pendidik kimia. Ahli kimia yang bekerja sebagai pendidik bisa mengajarkan ilmu kimia di sekolah umum maupun universitas.
Itu hanya sebagian kecil dari profesi ahli kimia. Ahli kimia hampir terlibat di setiap aspek kehidupan masyarakat, karena ilmu kimia merupakan ilmu yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Kimia memberikan banyak masalah pada kita, tapi juga memberikan keuntungan yang besar. Kehidupan modern kita cukup kompleks. Kimia menjanjikan pemecahan banyak masalah yang dihadapi oleh masyarakat, sehingga membuat hidup lebih mudah dan berarti…


So, Be enjoy with Chemistry ^^




*berbagai sumber*

3 comments:

  1. iya mbak,,, banyak yang salah alamat juga loh masuk tekkim karena ga suka fisika. eh trnyata...

    ReplyDelete